Friday, March 11, 2011

Peralatan Inseminasi Buatan


Dalam melakukan inseminasi buatan kita menyiapkan beberapa peralatan, yang di antaranya :
-          Container
Container adalah alat yang digunakan untuk menyimpan straw. Dalam container ini berisi nitrogen cair yang bersuhu -196oC sehingga sperma yang berada di dalam straw tidak mati.
-          Gun
Gun merupakan suatu alat yang menyerupai alat suntik yang digunakan untuk memasukan sperma kedalam uterus. Gun ini dimasukkan menembus servik dan masuk kedalam uterus kemudian di tekan pada bagian pangkal gun sehingga sperma tersemprot keluar.

-          Speculum
Speculum merupakan suatu alat yang menyerupai bibir bebek yang digunakan untuk membuka vagina. Alat ini biasanya digunakan pada domba dan kambing. Tujuan penggunaan alat ini adalah untuk dapat dengan mudah melihat keadaan dan letak servik ketika kita akan melakukan ib atau pemeriksaan kebuntingan pada kambiung dan domba.
-          Plastic sheet
Insemination gun dimasukan kedalam plastic sheet kemudian dikunci dengan ring kusus agar plastic sheet tidak lepas. Plastic sheet digunakan untuk menahan straw agar tidak keluar dari inseminasi gun sehingga yang keluar hanyalah spermanya saja.
-          Straw
Straw adalah suatu alat yang digunakan untuk tempat sperma yang telah diencerkan. Straw berisi sperma yang merupakan peluru dari insemination gun. Straw mempunyai dua penutup yaitu factory plug yang merupakan penutup yang dibuat oleh pabrik dan laboratory plug yang di buat oleh laboratorium. Pada straw ini diberi label nama pejantan, kode pejantan dan nama tempat produksi.

No comments:

Post a Comment