Monday, March 7, 2011

perbedaan plasma dan serum


1.   Apa perbedaan plasma dan serum?
Plasma darah adalah komponen cairan darah, dimana sel darah ditutup. 55% dari jumlah volume darah merupakan plasma darah. Plasma darah disiapkan oleh tuba darah segar yang berputar pada sentrifugal sampai sel darah jatuh ke dasar tuba. Serum darah adalah plasma darah tanpa fibrinogen atau faktor lainnya. Perbedaan antara plasma dan serum yaitu plasma masih mempunyai komponen darah tetapi serum tidak

2.   Sebutkan beberapa tipe colecting darah!
Menurut Tujuan Pengambilan dibagi menjadi 2, yaitu:
a.       Virologis, untuk diambil serumnya untuk pemeriksaan titer antibodi dan sebagainya sehingga tidak memerlukan antikoagulan(EDTA atau Heparin)
b.      Bakteriologis, perlu menggunakan antikoagulan untuk pemeriksaan ulas darah

3.   Apa peran EDTA dan heparin?
Peran EDTA
Untuk memberantas pengapuran,khususnya pengapuran pembuluh darah. Pengapuran pembuluh darah ini sering terjadi karena merokok, salah makan, kekurangan hormon (pada wanita), kurang olahraga, stres, penyakit gula, dan kolesterol.
Peran Heparin
a.       menghambat koagulasi okarena meningkatnya kerja anti trombin serin protease faktor pembekuan (IIa, Xa, XIIa, XIa, dan IXa).
b.      Mengurangi  agregasi trombosit.
c.       Permeabilitas vaskular yang meningkat.
d.      Melepaskan lipase lipoprotein ke dalam plasma.

1 comment:

  1. Perbedaan utama antara plasma dan serum adalah bahwa plasma adalah bagian encer dari darah antikoagulan dan terdiri dari faktor pembekuan seperti fibrinogen sedangkan serum adalah plasma tanpa faktor pembekuan yaitu fibrinogen.

    ReplyDelete